UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUIKEGIATAN MENYUSUN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 CANDEN JETIS BANTUL

Murini, Murini (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN MELALUIKEGIATAN MENYUSUN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK PERTIWI 49 CANDEN JETIS BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Murini_12111247022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian melalui kegiatan menyusun puzzle pada anak usia dini. Peningkatan kemandirian perlu diteliti karena dengan kemandirian anak dapat meningkatkan kemampuan anak dalam berfikir, belajar berkosentrasi, melatih koordinasi tangan dan mata dan meningkatkan ketrampilan kognitif yang berkaitan dengan kemampuan belajar dan memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B2 TK Pertiwi 49 Canden yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini adalahkemandirian anak yang meliputi menahan diri untuk tidak meminta bantuan dan inisiatif menyelesaikan tugas. Metode untuk mengumpulkan data yaitu observasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yaitu jika minimal 80% dari jumlah anak memiliki kemandirian dengan kriteria berkembang sangat baik yaitu anak mampu melakukan kegiatan menyusun puzzle sampai selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan menyusun puzzle dapat meningkatkan kemandirian anak setelah dilakukan tindakan dan penguatan. Pada Siklus I menunjukkan kriteria berkembang sangat baik dengan presentase 61,11%, yaitu menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang sudah mampu melakukan kemandirian dengan kegiatan menyusun puzzle walaupun masih terdapat beberapa anak yang belum mampu untuk melakukan kegiatan menyusun puzzle sendiri masih membutuhkan semangat dan motivasi. Pada Siklus II menunjukkan hasil kriteria berkembang sangat baikdengan presentase 88,88%, yaitu menunjukkan kriteria yang sesuai yaitu anak mampu menyelesaikan tugas kegiatan menyusun puzzle sendiri tanpa harus diingatkan, dimotivasi, dibantu. Penelitian ini dikatakan berhasil karena dengan kegiatan menyusun puzzle dapat meningkatkan kemandirian anak. Kata kunci: Kemandirian anak, kegiatan menyusun puzzle.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:32
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42997

Actions (login required)

View Item View Item