HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DAN FASILITAS BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL

Wiji, Purwoko (2013) HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DAN FASILITAS BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wiji Purwoko 06504244009.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

hPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar siswa di sekolah dan fasilitas belajar di rumah terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul tahun 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Playen Gunungkidul khususnya siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian Expost Facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 148 peserta didik, penarikan sampel ditentukan dengan teknik proportional random sampling yang berjumlah 104 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengukur variabel disiplin belajar siswa di sekolah dan variabel fasilitas belajar di rumah, metode dokumentasi digunakan untuk mengukur variabel prestasi belajar siswa disekolah. Validitas instrumen dengan cara mengkonsultasikan kepada para ahli (expert judgement) dan validasi konstruk menggunakan rumus Product Momen dari Pearson. Reabilitas instrument diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov Smirnov, uji linieritas dan multikolenieritas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua dengan menggunakan korelasi Product Moment dengan membandingkan rhitung dengan rtabel, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan uji regresi ganda dengan bantuan progam SPSS Statistic 14. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa diperoleh rhitung 0,478 > rtabel 5% 0,195. (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar siswa diperoleh rhitung 0,332 > rtabel 5% 0,195. (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar siswa di sekolah dan fasilitas belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar siswa di sekolah diperoleh rhitung 0,568 > rtabel 5% 0,195 dan diperoleh Fhitung 24,110 >Ftabel 5% 3,93. Kata kunci : Disiplin belajar siswa di sekolah, Fasilitas belajar di rumah dan Prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:31
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42984

Actions (login required)

View Item View Item