EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA ROK SISWA KELAS X DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Wijayanti, Wijayanti (2015) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN PEER TUTORING UNTUK PENCAPAIAN KOMPETENSI MEMBUAT POLA ROK SISWA KELAS X DI SMK MA’ARIF 2 SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
wijayanti - 10513244016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pencapaian kompetensi pembuatan pola rok pias enam di SMK Ma’arif 2 Sleman sebelum menggunakan metode pembelajaran peer tutoring, (2) pencapaian kompetensi pembuatan pola rok pias enam di SMK Ma’arif 2 Sleman setelah menggunakan metode pembelajaran peer tutoring, (3) efektivitas penggunaan metode pembelajaran peer tutoring untuk pencapain kompetensi pembuatan pola rok kelas X di SMK Ma’arif 2 Sleman. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X busana 1 dan kelas x busana 2 dengan jumlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan undian ditetapkan bahwa kelas x busana 1 dengan jumlah 28 siswa sebagai subyek penelitian. Teknik pengambilan data menggunakan tes objektif, observasi sikap dan tes unjuk kerja. Uji validitas meggunakan validitas internal dan eksternal. Reliabilitas instrumen lembar tes dan observasi sikap menggunakan rumus alpha cronbach dan penilaian unjuk kerja menggunakan inter-rater agreement. Uji normalitas data menggunakan rumus kolmogorov smirnov. Uji homogenitas menggunakan uji F. Teknik analisis data menggunakan uji - t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pencapaian kompetensi pembuatan pola rok pias enam sebelum menggunakan metode pembelajaran peer tutoring yaitu 68% siswa telah memenuhi standar KKM, (2) pencapaian kompetensi pembuatan pola rok pias enam setelah menggunakan metode pembelajaran peer tutoring yaitu 100% siswa telah memenuhi standar KKM, (3) metode peer tutoring efektif digunakan dalam pencapaian kompetensi membuat pola rok kelas x busana 1 di SMK Ma’arif 2 Sleman Yogyakarata yaitu terdapat perbedaan pencapaian kompetensi yang signifikan antara sebelum dan setelah diberi perlakuan menggunakan metode pembelajaran peer tutoring. hal ini dibuktikan dari rata- rata pre-tes 79, 39, rata –rata post-test 83,96 dan dari hasil uji- t menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,00< 0,05 dan = 5,285 lebih besar dari pada = 2,000. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Peer Tutoring, Pola Rok Pias Enam

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 31 Oct 2016 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42980

Actions (login required)

View Item View Item