KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DAN BACKHAND TENIS MEJA PESERTA EKSTRAKURIKULER TAHUN 2016 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Indra S, Moh Nur (2016) KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DAN BACKHAND TENIS MEJA PESERTA EKSTRAKURIKULER TAHUN 2016 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SE KABUPATEN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar peserta ekstrakurikuler tenis meja di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta telah mengetahui pukulan forehand, backhand dan teknik gerakan footwork, akan tetapi ketepatan pukulan forehand dan backhand masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketepatan pukulan forehand dan backhand tenis meja peserta ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja sebanyak 85 siswa. Instrumen yang digunakan adalah dan tes ketepatan pukulan forehand drive dan backhand drive tenis meja dari Tomoliyus (2012: 18-22) selama 30 detik. Instrumen ketepatan forehand drive mempunyai validitas isi tinggi (CVR = 0,99), reabilitas 0,95 dan ketepatan backhand drive mempunyai validitas isi tinggi (CVR = 0,99), reabilitas 0,934.Teknik analisis yang dilakukan adalah menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan ke dalam bentuk persentase. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ketepatan pukulan forehand tenis meja peserta ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang berkategori sangat tinggi 6 orang atau 7,06%, tinggi 47 orang atau 55,29%, rendah 30 orang atau 35,29% dan sangat rendah 2 orang atau 2,35%. Sedangkan (2) ketepatan pukulan backhand tenis meja peserta ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Negeri se Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang berkategori sangat tinggi 8 orang atau 9,41%, tinggi 45 orang atau 52,94%, rendah 32 orang atau 37,65% dan sangat rendah 0 orang atau 0%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ketepatan, forehand, backhand, tenis meja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2016 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42978

Actions (login required)

View Item View Item