Peningkatan Pembelajaran Menulis Naskah Drama melalui Strategi Peta Konsep pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Yogyakarta

Hermanto, Hermanto (2010) Peningkatan Pembelajaran Menulis Naskah Drama melalui Strategi Peta Konsep pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hermanto-08706251024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis naskah drama dengan penerapan strategi peta konsep pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 8 Yogyakarta, agar siswa terampil membuat naskah drama dengan strategi peta konsep. Siswa mendapat kemudahan dalam mengembangkan ide cerita yang dibuat dengan peta konsep lalu dikembangkan ke dalam bentuk tulisan berupa naskah drama. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek siswa kelas XI IPA 3 di sekolah tersebut. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis naskah drama dengan strategi peta konsep. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, pedoman wawancara, angket, dan dokumentasi selama mengambil tindakan. Teknik analisis data dalam penelitian ini mencakup proses tindakan yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor secara kuantitatif. Pengecekan keabsahan data diperoleh melalui tanya jawab dengan kolaborator dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi peta konsep dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah drama siswa, yang ditandai dengan peningkatan kegiatan menulis naskah drama siswa selama proses pembelajaran dan peningkatan prestasi hasil belajar menulis naskah drama siswa. Strategi ini menarik, tidak monoton, keaktifan siswa dalam mengekspresikan ide dan gagasan lebih terarah, pemahaman siswa terhadap peta konsep, konsentrasi siswa lebih terfokus dan keterampilan siswa dalam menulis naskah drama meningkat. Pencapaian hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai naskah drama siswa yang diperoleh dalam setiap siklus. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada akhir tindakan siklus I adalah 1, 35 point. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis naskah drama meskipun belum maksimal. Untuk itu, dilaksanakan tindakan pada siklus II. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada akhir tindakan siklus II adalah 2, 57 point. Pada siklus III diperoleh nilai rata-rata sebesar 4, 13 point dari penerapan peta konsep dalam membuat naskah drama. Dengan demikian, dalam setiap siklus keterampilan menulis naskah drama siswa dapat dtingkatkan melalui strategi peta konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis, naskah drama, strategi peta konsep
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2016 02:15
Last Modified: 05 Dec 2022 06:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42974

Actions (login required)

View Item View Item