PENGARUH LATIHAN DENGAN PERMAINAN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMA N 1 JETIS BANTUL

SATRIO, ADE (2016) PENGARUH LATIHAN DENGAN PERMAINAN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SMA N 1 JETIS BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ade Satrio.pdf

Download (101MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bentuk latihan permainan bola pantul terhadap kemampuan passing bawah siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu/tidak murni dengan desain penelitian one group pretest and posttest design. Subjek dari penelitian ini adalah 14 siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Pengambilan data menggunakan Brumbach forearms pass wall volley test. Teknik analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil uji t diperoleh t hitung sebesar 5,098 lebih besar dari t tabel sebesar 2,16 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000. Ini berarti terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan passing bawah siswa putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA N 1 Jetis Bantul dengan diberikannya latihan permainan bola pantul. Besarnya peningkatan dari latihan dengan permainan bola pantul sebesar 24,16% dari selisih rerata pretest dengan posttest adalah 3,78, kenaikan persentase dengan cara selisih rerata dibagi rerata pretest dikalikan 100%. Sedangkan, sumbangan efektif yang terdapat dalam penelitian ini adalah 63,5%. Hal ini berarti variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen sebesar 63,5% dan sisanya 36,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Namun, perlakuan tersebut harus dilakukan dengan frekuensi sebanyak 3 kali perminggu dan minimal 12 kali pertemuan, karena jika tidak akan berpengaruh pada hasil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Passing bawah, Permainan bola pantul, Ekstrakurikuler, Bolavoli.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Nov 2016 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42972

Actions (login required)

View Item View Item