KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMPN 3 TEMPEL

KHOMSATUN MUNAWAROH, KHOMSATUN MUNAWAROH (2014) KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL ) DI SMPN 3 TEMPEL. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

SMP Negeri 3 Tempel merupakan salah satu dari sekian banyak sekolah yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan PPL Universitas Negeri Yogyakarta. Sekolah ini merupakan salah satu SMP yang memiliki sekolah terbuka di Kabupaten Sleman. Sekolah ini sering menjadi sekolah percontohan jika dilihat dari sisi rohani dan kehijauannya. Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan jilbab bagi siswa putri yang beragama Islam, pembacaan kitab Al-Qur’an 15 menit sebelum pelajaran dimulai setiap hari Rabu, serta kehijauan yang diperlihatkan melalui terawatnya taman sekolah. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktek Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi calon tenaga pendidik. Praktikan diharapkan mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik. Praktikan juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Kegiatan mengajar dilaksanakan setelah konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kepada guru pembimbing terlebih dahulu. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas VII A, VII B, dan VII C. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar meskipun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh praktikan disebabkan kondisi fisik yag kurang baik. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua bulan di SMP Negeri 3 Tempel ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktek keguruan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 30 Oct 2016 23:38
Last Modified: 01 Oct 2019 12:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42951

Actions (login required)

View Item View Item