Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Kontekstual pada Kelas X di SMA Negeri 3 Wonogiri

Purwanto, Agus Rudi (2010) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Kontekstual pada Kelas X di SMA Negeri 3 Wonogiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-rudi-purwanto-027625008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara jelas bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan kontekstual pada kelas X. Kesulitan-kesulitan yang dihadapai guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dan upaya-upaya guru dan sekolah menyelesaikan masalah-masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah para guru bahasa Inggris kelas X pada SMAN 3 Wonogiri dan siswa yang diampu oleh guru tersebut. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Keabsahan data hasil penelitian menggunakan trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, yang mencakup empat kegiatan utama, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diungkapkan sebagai berikut;(1) Implementasi pendekatan kontekstual belum nampak sepenuhnya berjalan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris pada kelas X. Pelaksananaan pembelajaran masih didominasi dengan strategi dan metode konvensional yang kurang sesuai dengan tujuan pembelajaran, yaitu mampu berbahasa lisan dan tulis. Hal ini disebabkan salah satunya adalah pemahaman guru tentang kurikulum dan pendekatan kontekstual yang masih rendah; (2) Kesulitan-kesulitan para guru diantaranya yaitu waktu jam pelajaran yang relatif sedikit untuk pembelajaran keempat keterampilan, sarana prasarana, motivasi siswa yang rendah, dan kemampuan guru yang berbeda-beda terhadap pemahaman kurikulum sehingga tujuan pembelajaran bahasa Inggris belum sepenuhnya tercapai; (3) Upaya yang dilakukan oleh guru dan sekolah adalah penggunaan media pembelajaran yang bervariasi. Para guru juga mengikuti pelatihan dan workshop berkaitan dengan metode, materi, dan juga pemahaman tentang kurikulum di MGMP (Musyawarah guru Mata Pelajaran) tingkat sekolah dan kabupaten. Hasil penelitian berimplikasi pada peningkatan kompetensi guru bahasa Inggris khususnya kompetensi profesional dan pedagogik. Upaya peningkatan kualitas yang terus menerus merupakan suatu tuntutan dalam rangka melaksanakan kurikulum yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selanjutnya, pihak-pihak terkait khususnya sekolah agar mengusahakan fasilitas yang menunjang pembelajaran dan selalu memiliki komitment untuk peningkatan mutu sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Inggris, pendekatan kontekstual
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2016 04:00
Last Modified: 05 Dec 2022 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42946

Actions (login required)

View Item View Item