Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas Bawah Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemahaman Permainan di SDN Caturtunggal III Yogyakarta

Saryono, Saryono (2010) Peningkatan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas Bawah Melalui Pendekatan Pembelajaran Pemahaman Permainan di SDN Caturtunggal III Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-saryono-06711251013.swf

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk membantu peningkatan pembelajaran pendidikan jasmani sekolah dasar kelas bawah di SDN Caturtunggal III Yogyakarta dengan pendekatan pembelajaran pemahaman permainan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklus dilakukan dalam 2 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Caturtunggal III Yogyakarta dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas III dengan jumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan lembar observasi siswa dengan Games Performance Assesment Instrument (GPAI) dan lembar observasi guru dengan Teacher Performance Criteria Questioner (TPCQ). Analisis data menggunakan diskriptif kuantitatif berupa prosentase. Hasil penelitian adalah setelah diterapkannya pembelajaran pendidikan jasmani pendekatan pembelajaran pemahaman permainan diperoleh hasil pada siklus I dengan skenario yang dilaksanakan dengan 2 pertemuan yaitu pertemuan pertama dan pertemuan kedua yang dilakukan diperoleh rata-rata pada siklus pertama adalah 9,82 dengan kategori kadang-kadang dalam melaksanakan skill execution, decision making, dan support, dengan demikian maka perlu dilakukan perlakuan yang berbeda pada siklus berikutnya. Sedangkan disisi lain ada beberapa kelemahan yang muncul adalah siswa masih belum antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa masih belum menikmati pembelajaran, masih terbawa dalam konsep pembelajaran teknik. Pada siklus II yang bertujuan untuk memperbaiki pada siklus pertama dan melihat transfer of tactics dari siklus kedua maka diperoleh hasil yang cukup memuaskan dengan hasil rata-rata 13,21 yang termasuk dalam kategori sering melakukan decesion making, skill execution dan support sehingga siswa sudah memiliki perbaikan yang sangat signifikan dalam permahaman taktik dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui permain invasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran pendidikan jasmani, pembelajaran pemahaman permainan
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2016 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42944

Actions (login required)

View Item View Item