Hubungan antara Kesegaran Jasmani, Inteligensi, dan Jenis Kelamin dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Kelas XI di Perkotaan dan di Pedesaan di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2009/2010

Hasibuan, Nurman (2010) Hubungan antara Kesegaran Jasmani, Inteligensi, dan Jenis Kelamin dengan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Kelas XI di Perkotaan dan di Pedesaan di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran 2009/2010. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurman-hasibuan-08711251010.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara kesegaran jasmani dengan hasil belajar siswa SMA Negeri kelas XI baik di perkotaan maupun di pedesaan; (2) hubungan antara inteligensi dengan hasil belajar siswa SMA Negeri kelas XI baik di perkotaan maupun di pedesaan; (3) hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar siswa SMA Negeri kelas XI baik di perkotaan maupun di pedesaan. Penelitian ini digolongkan dalam jenis penelitian metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri kelas XI di perkotaan dan di pedesaan di Kabupaten Sleman sejumlah 2569 siswa. Sampel penelitian ini sejumlah 258 siswa yang terdiri dari 168 siswa dari SMA Negeri 1 Depok sebagai sampel dari perkotaan perkotaan dan 90 siswa dari SMA Negeri 1 Minggir sebagai sampel dari pedesaan yang diperoleh dengan menggunakan stratified random sampling. Tehnik pengumpulan data terdiri dari: (1) data kesegaran jasmani diperoleh dengan tes dan pengukuran multi-stage fitness test ; (2) data inteligensi diperoleh dari dokumentasi hasil tes inteligensi dari psikolog; (3) data jenis kelamin diperoleh dari dokumentasi pribadi siswa dari sekolah dan disesuaikan dengan hasil pengamatan peneliti; (4) data hasil belajar diperoleh dari dokumentasi hasil ujian akhir semester siswa. Untuk analisis data menggunakan korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan kesegaran jasmani berhubungan negatif dengan hasil belajar, dan hubungan tersebut juga berlaku bagi siswa SMA Negeri kelas XI di pedesaan, akan tetapi tidak berlaku bagi siswa SMA Negeri kelas XI di perkotaan, sebab bagi siswa SMA Negeri kelas XI di perkotaan tidak didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara kesegaran jasmani dengan hasil belajar; (2) Secara keseluruhan inteligensi berhubungan positif dengan hasil belajar, meskipun demikian tidak didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara inteligensi dengan hasil belajar bagi siswa SMA Negeri kelas XI baik di perkotaan maupun di pedesaan; (3) Secara keseluruhan jenis kelamin tidak berhubungan signifikan dengan hasil belajar, meskipun demikian didapatkan hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan hasil belajar pada siswa SMA Negeri kelas XI baik di perkotaan maupun di pedesaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kesegaran jasmani, inteligensi, jenis kelamin, hasil belajar
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2016 02:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42943

Actions (login required)

View Item View Item