Pengaruh Kelompok Sifat Kepribadian Dan Penggunaan Alat Pendidikan Jasmani Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak

Widayati, Esti (2010) Pengaruh Kelompok Sifat Kepribadian Dan Penggunaan Alat Pendidikan Jasmani Terhadap Pengembangan Kreativitas Anak. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-esti-widayati-06711251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan alat tunggal dan alat jamak antara kelompok sifat introvert dan ekstrovert dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap pengembangan kreativitas anak kelas II dan III di Sekolah Dasar Suryadiningratan IV Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun pembelajaran 2007-2008 dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II dan Kelas III di Sekolah Dasar Suryadiningratan IV Kecamatan Mantrijeron, UPT Wilayah Selatan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Yogyakarta yang berjumlah 55 anak yang terdiri dari jumlah siswa perempuan 39 dan siswa laki-laki 16. Jumlah sampel 40 anak diambil secara proportional sample. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes Personality dan tes kreativitas. Validitas tes menggunakan korelasi point biserial dan reliabilitas menggunakan alpha. Data hasil tes dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat jamak memberikan pengaruh yang lebih baik daripada penggunaan alat tunggal terhadap pengembangan kreativitas anak. Kelompok sifat ekstrovert memberikan pengaruh yang lebih baik daripada kelompok sifat introvert terhadap perkembangan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: sifat kepribadian, alat pendidikan jasmani, kreativitas anak
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Oct 2016 01:24
Last Modified: 29 Jan 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42941

Actions (login required)

View Item View Item