PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU AKSARA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA DI KELAS IV SD NEGERI BANGUNHARJO

Astuti, Siti Puji (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DADU AKSARA JAWA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA DI KELAS IV SD NEGERI BANGUNHARJO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Siti Puji Astuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu aksara Jawa terhadap keterampilan menulis aksara Jawa di kelas IV SD Negeri Bangunharjo. Penelitian ini berupa Quasy Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Bangunharjo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 41 siswa. Kelas A berjumlah 21 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas B berjumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Instrumen data dalam penelitian ini adalah soal menulis aksara Jawa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran dadu aksara Jawa terhadap keterampilan menulis aksara Jawa di kelas IV SD Negeri Bangunharjo. Hal tersebut ditunjukkan dari perbedaan rerata kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 68,63 (baik) lebih besar dari 61,91 (cukup) dengan selisih 6,72. Kata kunci: media pembelajaran, dadu aksara Jawa, keterampilan menulis, aksara Jawa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2016 05:42
Last Modified: 30 Jan 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42934

Actions (login required)

View Item View Item