PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KANISIUS WIROBRAJAN 1 YOGYAKARTA

Widiastuti, Widiastuti (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN KARTU KATA BERGAMBAR PADA SISWA KELAS I SD KANISIUS WIROBRAJAN 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Widiastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Kanisius Wirobrajan 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan proses pembelajaran membaca permulaan (2) meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan kartu kata bergambar siswa kelas I SD Kanisius Wirobrajan 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Wirobrajan 1 Kota Yogyakarta Kecamatan Wirobrajan dengan subjek penelitian siswa kelas I sebanyak 36 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca yaitu penilaian observasi dengan daftar checklist, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan data kualitatif dengan menggunakan model alur. Indikator keberhasilan siswa ditandai dengan meningkatnya kemampuan membaca permulaan siswa dengan nilai rata-rata 76 dan ketuntasan siswa mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan kartu kata bergambar dapat meningkatkan proses dan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Kanisius Wirobrajan 1. Peningkatan proses pembelajaran membaca terlihat dari siswa yang berani membaca secara individu di depan kelas, siswa senang mengikuti kegiatan pembelajaran membaca, dan siswa lancar membaca. Peningkatan rerata kemampuan membaca permulaan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya pra tindakan siswa yang berada pada kriteria baik sebesar 33,33 mengalami peningkatan 8,33 pada siklus I menjadi 41,45 dan pada siklus II meningkat sebesar 52,78, yang kondisi awal 44,45 menjadi 86,11. Kata Kunci :kemampuanmembacapermulaan, kartu kata bergambar, SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Nov 2016 00:18
Last Modified: 30 Jan 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42933

Actions (login required)

View Item View Item