PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VI SD KANISIUS DUWET KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN

Prasetyani, Rr. V. Ervina (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) SISWA KELAS VI SD KANISIUS DUWET KECAMATAN MLATI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rr. V. Ervina Prasetyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi pembelajaran IPA siswa kelas VI di SD Kanisius Duwet yang menunjukkan bahwa hasil belajarnya masih rendah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Group Investigation (GI) pada siswa kelas VI SD Kanisius Duwet Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas VI sejumlah 36 orang. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Group Investigation (GI). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan aktivitas dan tes prestasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA meningkat setelah diberikan tindakan melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI). Rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari siklus I, siklus II, ke siklus III. Adapun rata-rata hasil belajar IPA siswa meningkat dari siklus I 67,22 atau 55,55% menjadi 82,22 atau 91,67%, dan menjadi 88,22 atau 100% pada siklus III. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II dan III yaitu pada tahap pengelompokkan yang semula tiap kelompok beranggotakan 6 orang mejadi 3 orang serta pengaturan waktu guru perlu lebih diperhatikan. Hal tersebut dilakukan agar siswa lebih konsentrasi dalam kelompok kecil dan guru lebih mudah mengatur dan membimbing siswa dalam kelompok. Pada siklus III rata-rata hasil belajar IPA pada siswa sudah mencapai 88,22 dan 100% siswa dinyatakan tuntas dengan nilai di atas KKM, sehingga proses pembelajaran dinyatakan sudah berhasil dan siklus dihentikan. Kata Kunci : hasil belajar IPA, model pembelajaran Group Investigation (GI)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2016 05:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42931

Actions (login required)

View Item View Item