PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V MENGGUNAKAN FLIPCHART DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Afandi, Rizal (2016) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS V MENGGUNAKAN FLIPCHART DI SD NEGERI KRATON YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Rizal Afandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar IPS dengan menggunakan flipchart pada siswa kelas V SD Negeri Kraton Yogyakarta. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (Model PTK Suharsimi Arikunto). Penelitian dilaksanakan pada semester II Tahun Ajaran 2015/2016 dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Kraton Yogyakarta yang berjumlah 17 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif. Langkah-langkah pelaksanaan penggunaan flipchart yaitu guru mengenalkan flipchart pada anak, memperhatikan posisi penampilan flipchart agar semua siswa dapat melihat, siswa dibentuk setengah lingkaran, siswa memperhatikan teks dan gambar tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan pada flipchart yang disampaikn guru, siswa bertanya terhadap isi flipchart yang disajikan, siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS kelas V SD Negeri Kraton Yogyakarta. Hasil belajar saat pra tindakan nilai rata-rata adalah 50,70, untuk ketuntasan ada 2 siswa atau 12% dan belum tuntas ada 15 siswa atau 88%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu nilai 75. Pada Siklus I diperoleh hasil nilai rata-rata kelas 71,76, ketuntasan ada 7 siswa atau 41% dan belum tuntas ada 10 siswa atau 59%, artinya ada kenaikan nilai rata-rata pra tindakan ke Siklus I, sedangkan Siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,11 dan ketuntasan ada 14 siswa atau 82% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 18%, dengan demikian ada kenaikan nilai rata-rata dari Siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada Siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥75% siswa sudah mencapai KKM. Kata kunci : Kualitas Pembelajaran IPS, Media Flipchart.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Oct 2016 04:45
Last Modified: 28 Oct 2016 04:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42930

Actions (login required)

View Item View Item