PRODUKTIVITAS GURU JURUSAN LISTRIK PASCA SERTIFIKASI DI SMK N 2 YOGYAKARTA

Widya, Waty Abbas (2014) PRODUKTIVITAS GURU JURUSAN LISTRIK PASCA SERTIFIKASI DI SMK N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Widya Waty Abbas 08501241031.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui produktivitas guru pasca sertifikasi jurusan listrik di SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui kompetensi guru pasca sertifikasi jurusan listrik di SMK 2 N Yogyakarta, (3) mengetahui pengaruh kompetensi terhadap produktivitas guru pasca sertifikasi di SMK N 2 Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Listrik SMK N 2 Yogyakarta. Responden penelitian adalah guru dan siswa jurusan listrik SMK N 2 Yogyakarta sehingga penelitian ini berdasarkan sudut pandang dari guru dan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost-facto dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian ini yaitu: (1) produktivitas guru jurusan listrik pasca sertifikasi di SMK N 2 Yogyakarta dinyatakan dalam kategori sangat baik. Menurut guru, kompetensi guru dikategorikan sangat tinggi 100%. Menurut siswa, kompetensi guru dikategorikan sangat tinggi 30,5%, tinggi 51,4%, rendah 14,3% dan sangat rendah 3,8%. Menurut guru, kinerja guru dikategorikan sangat tinggi 76,2% dan tinggi 23,8%. Menurut siswa, kinerja guru dikategorikan sangat tinggi 45,7%, tinggi 41,9%, rendah 9,5% dan sangat rendah 2,9%; (2) menurut data guru terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap produktivitas guru pasca sertifikasi jurusan listrik di SMK N 2 Yogyakarta dengan nilai t hitung = 4,83 lebih besar dari t tabel = 1,73 (4,83 > 1,73) dengan sumbangan sebesar 55%. Menurut data siswa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap produktivitas guru pasca sertifikasi jurusan listrik di SMK N 2 Yogyakarta dengan nilai t hitung = 16,34 lebih besar dari t tabel = 1,66 (16,34 > 1,66) dengan sumbangan sebesar 72%. Kata kunci: produktivitas guru, kompetensi guru, kinerja guru, sertifikasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:47
Last Modified: 30 Jan 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42924

Actions (login required)

View Item View Item