Anugraheny, Novyana Dwi (2016) PENDIDIKAN NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS 3 SD NEGERI MEJING KALIBAWANG. S1 thesis, PGSD.
Text
Novyana Dwi Anugraheny.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme dalam proses pembelajaran di kelas III SD Negeri Mejing. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III, Kepala Sekolah, dan siswa kelas III. Teknik pengumpulan data melalui observasi nonpartisipatif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan nilai nasionalisme dilakukan dalam dua kegiatan pokok yaitu: 1) Dalam kegiatan pembelajaran, menggunakan metode penanaman, keteladanan, fasilitasi, dan pengembangan keterampilan; 2) Melalui kegiatan pendukung di luar pembelajaran, yaitu: a) penanaman, melalui pembiasaan terprogram dan tidak terprogram, serta b) modelling/keteladanan. Nilai-nilai nasionalisme yang diberikan yaitu rela berkorban, tanggung jawab, toleransi, sopan santun, bangga dengan bangsa sendiri, gotong royong dan lain-lain. Pelaksanaan pendidikan nilai nasionalisme dalam pembelajaran masih ditemui beberapa kekurangan yaitu penggunaan metode dan pengembangan model pembelajaran belum maksimal. Kata kunci : pendidikan nilai nasionalisme, siswa SD
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 28 Oct 2016 02:15 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42922 |
Actions (login required)
View Item |