Korelasi Prestasi Belajar dan Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2009 FT UNY

Waskito, Abid Hinaywan (2015) Korelasi Prestasi Belajar dan Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif Angkatan 2009 FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Waskito Abid Hinaywan 09504241028.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) mengetahui korelasi prestasi belajar dengan kesiapan menjadi guru, (2) korelasi lingkungan keluarga dengan kesiapan menjadi guru, (3) korelasi prestasi belajar dan lingkungan keluarga dengan kesiapan menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan expost facto. Populasi penelitian adalah mahasiswa regular program studi pendidikan teknik otomotif angkatan 2009 FT UNY sebanyak 73 mahasiswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi ganda dengan menggunakan variabel prestasi belajar (X1), Lingkungan Keluarga (X2) sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Kesiapan Menjadi Guru (Y) dengan bantuan program SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat korelasi yang signifikan antara prestasi belajar dengan kesiapan menjadi guru, dimana rhitung sebesar 0,677, sedangkan rtabel dengan N=73 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.231, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,677>0,231). (2) terdapat korelasi yang signifikan antara Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Menjadi Guru dimana rhitung sebesar 0,577, sedangkan rtabel dengan N=73 pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.231, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,577>0.231). (3) terdapat korelasi yang signifikan antara Prestasi Belajar dan Lingkungan Keluarga secara beesama – sama dengan Kesiapan Menjadi Guru, dimana nilai Fhitung sebesar 47,323 > 3,13. Kata kunci : Prestasi belajar, Lingkungan Keluarga, Kesiapan menjadi Guru

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:21
Last Modified: 30 Jan 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42913

Actions (login required)

View Item View Item