Analisis Biomekanik Teknik Servis Tenis Lapangan Pada Atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008

Alim, Abdul (2010) Analisis Biomekanik Teknik Servis Tenis Lapangan Pada Atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdul-alim-06711251008.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kinerja teknik servis tenis lapangan pada atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008. Selain itu penelitian ini, dimaksudkan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan gerak teknik servis tenis lapangan yang sering terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan satu variabel, yaitu: servis tenis lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan teknik observasi. Instrumen yang digunakan adalah kisi-kisi lembar analisis, handycamp dan treepod. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet tenis lapangan yang mengikuti Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta. Digunakan 6 orang atlet yang diambil dengan sampling insidental. Teknik analisis data penelitian adalah diskriptif dan persentase dengan perhitungan pada masing-masing tahap dan digunakan analisis sistem perangkat lunak Dartfish Prosuite untuk mengetahui lebih jelas kinerja teknik servis yang dilakukan atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2008. Hasil penelitian menunjukan: kinerja teknik servis tenis lapangan pada atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008 pada tahap persiapan baik, pada tahap take back cukup baik, pada tahap loading cukup baik, pada tahap hitting baik, pada tahap contact point baik, dan pada tahap followthrough baik. Dari hasil keseluruhan kinerja teknik servis tenis lapangan pada atlet Pemusatan Latihan Daerah Pekan Olahraga Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2008 di kategorikan baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis biomekanik, servis tenis lapangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2016 05:51
Last Modified: 29 Jan 2019 08:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42904

Actions (login required)

View Item View Item