Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Trigonometri dan Geometri SMA dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan GeoGebra yang Berorientasi pada Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa.

Alvarest, Libertus Di Umart (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Trigonometri dan Geometri SMA dengan Model Guided Discovery Learning Berbantuan GeoGebra yang Berorientasi pada Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-libertus-di-umart-alvarest-14709251029.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan dan mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran geometri dan trigonometri dengan model guided discovery learning berbantuan GeoGebra yang berorientasi pada sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa, dan (2) mendeskripsikan kualitas perangkat pembelajaran geometri dan trigonometri dengan model guided discovery learning berbantuan GeoGebra yang berorientasi pada sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa yang ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang mencakup tiga tahap. Tahap pertama adalah penelitian awal mencakup analisis kebutuhan dan situasi. Tahap kedua adalah pengembangan desain dan pembuatan produk. Tahap ketiga adalah evaluasi yang meliputi proses validasi dan uji coba. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru dan siswa, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, angket sikap ilmiah dan tes prestasi. Subjek uji coba adalah guru dan siswa kelas X1 dan X3 SMA N 1 Srandakan Bantul. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik sebagai berikut (1) tujuan pembelajaran mengarah kepada pengembangan sikap ilmiah dan prestasi siswa, (2) kegiatan pembelajaran dirancang untuk memfasilitasi siswa melakukan kegiatan diskusi serta kegiatan penyelidikan secara kelompok ataupun individual (3) LKS yang digunakan untuk membangun konsep yang mengarah kepada kegiatan penemuan dan penyelidikan dengan menggunakan aplikasi GeoGebra. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid ditunjukkan dengan hasil penilaian yang tergolong valid. Perangkat pembelajaran tergolong praktis ditunjukkan dengan hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori “sangat praktis”, hasil penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu berada pada kategori “praktis”, dan rerata persentase keterlaksanaan model pembelajaran kegiatan guru dan siswa 94,17% (Kelas X1) dan 92,06% (kelas X3). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif ditinjau dari sikap ilmiah dan prestasi siswa dengan persentase ketuntasan belajar masing-masing mencapai 58,9% dan 81,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, prestasi belajar, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:42
Last Modified: 09 May 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42902

Actions (login required)

View Item View Item