PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI PAUD PRIMA SANGGAR BANGUNHARJO SEWON BANTUL

AFRIZAL SIDIQ ROMADHONI, Rizal (2016) PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL PADA ANAK USIA DINI DI PAUD PRIMA SANGGAR BANGUNHARJO SEWON BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Afrizal Sidiq Romadhoni_09102244027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran pendidik dalam memberikan stimulasi, 2) Mengetahui bentuk-bentuk stimulasi yang diberikan, dan 3) Mengetahui faktor-faktor penghambat dan pendukung dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial anak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data/subjek penelitian ini meliputi 6 orang pendidik di PAUD Prima Sanggar. Setting penelitian adalah PAUD Prima Sanggar, BangunHarjo, Sewon, Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi (ditambah pedoman observasi lingkungan sekolah sebagai pendukung). Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman wawancara, dan dokumentasi (pedoman observasi sebagai pendukung). Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan. Trianggulasi yang dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pendidik di PAUD Prima Sanggar belum memiliki peran yang baik dalam upaya memberikan stimulasi dini untuk meningkatkan kecerdasan sosial anak, karena kurangnya sumber daya manusia. Meskipun demikian, pendidik berupaya berperan sebagai orang tua bagi anak didiknya yaitu mengasuh, mangasah, dan mengasihi anak didik. Pendidik menggunakan pendekatan individu apabila menemui anak yang kecerdasan social anak belum sesuai dengan harapan. Program unggulan yang diterapkan di PAUD Prima Sanggar adalah program sentra, artinya ketika anak menjalani pendidikan di PAUD Prima Sanggar maka orang tua anak dilarang untuk menunggui atau berada di wilayah PAUD Prima Sanggar.Faktor yang menghambat proses stimulasi dini dalam upaya meningkatkan kecerdasan sosial anak antara lain adalah: karakteristik anak, latar belakang keluarga, teknologi, dan jumlah pendidik di PAUD Prima Sanggar. Kata Kunci: Pendidik, Kecerdasan sosial, Anak usia dini

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42891

Actions (login required)

View Item View Item