Nurwardani, Abi (2010) Pengaruh Aktivitas Jasmani Terhadap Kemampuan Berhitung Anak. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-abi-nurwardani-07711251005.swf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak melalui aktivitas jasmani dengan menggunakan metode bermain pada siswa MI GUPPI Ngancar Ngawi. Populasi penelitian seluruh siswa MI GUPPI Ngancar Ngawi kelas I (satu) yang berjumlah 47 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan purposive sampling. Penelitian diawali dengan uji coba tes kemampuan berhitung berbentuk soal-soal tes berhitung dan dipersetujui expert judment yang diujicobakan pada Sekolah Dasar Negeri I Cantel Ngawi yang telah diketahui validitas dan reliabelitasnya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain control group pretest postest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan berhitung anak pada kelompok eksperimen. Pengujian perbedaan uji-t pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan taraf signifikansi pre test = 0. 983 dan taraf signifikansi post test = 0. 023. Hasil thitung pretest= 0.018 dan thitung posttest= 2. 321 sehingga menghasilkan peningkatan= 3. 995. T tabel untuk kelompok kontrol 2. 80 dan T tabel kelompok eksperimen 2. 81. Kelompok eksperimen peningkatan kemampuan berhitung melalui aktivitas jasmani nilai mean pre test= 67. 304 sedangkan post tes= 82. 087 dengan nilai beda 14. 783. Kelompok kontrol peningkatan kemampuan berhitung dengan nilai mean pretest= 67. 167 dan mean post test= 69. 500 dengan nilai beda yang relative kecil 2. 333.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas jasmani, kemampuan berhitung, anak |
Subjects: | Olahraga |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan |
Depositing User: | Users 57 not found. |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 01:20 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 08:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42888 |
Actions (login required)
View Item |