KORELASI PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN PARTISIPASI SISWA DALAM UNIT PRODUKSI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Budiarta, Waris (2016) KORELASI PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN DAN PARTISIPASI SISWA DALAM UNIT PRODUKSI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XII JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Waris Budiarta 08503241036.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) korelasi pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) korelasi partisipasi siswa dalam unit produksi dengan minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (3) korelasi pengetahuan kewirausahaan dan partisipasi siswa dalam unit produksi secara bersama-sama dengan minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta yang berjumlah 112 orang, sedangkan sampel yang dibutuhkan adalah 87 orang dengan taraf kesalahan yang digunakan sebesar 5%. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random samping. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi product moment dan analisis regresi, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dan linearitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat korelasi positif dan signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dengan minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,333 > 0,213) dengan sumbangan efektifnya sebesar 12% dan diperoleh persamaan Y=14,79+0,24X1; (2) Terdapat korelasi positif dan signifikan antara partisipasi siswa dalam unit produksi dengan minat berwirausaha siswa kelas XII jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta, dibuktikan dengan koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,326 > 0,213) dengan sumbangan efektifnya sebesar 7% dan diperoleh persamaan Y=22,15+0,42X2; (3) Terdapat korelasi positif dan signifikan antara pengetahuan kewirausahaan dan partisipasi siswa dalam unit produksi secara bersamasama dengan minat berwirausaha siswa jurusan teknik permesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta, dengan korelasi r hitung > r tabel (0,440 > 0,213) dengan sumbangan efektifnya sebesar 19% dan diperoleh persamaan Y=8,21+0,21X1+0,35X2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Kewirausahaan, Partisipasi Siswa Dalam Unit Produksi, Minat Berwirausaha
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42883

Actions (login required)

View Item View Item