[Ringkasan Skripsi] Anime Sebagai Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Anime di Yogyakarta)

Nugroho, Prista Ardi (2016) [Ringkasan Skripsi] Anime Sebagai Budaya Populer (Studi Pada Komunitas Anime di Yogyakarta). S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Ringkasan Skripsi)
Ringkasan Skripsi 12413241034.swf

Download (212kB)

Abstract

Anime merupakan salah satu budaya populer dari Jepang yang diterima oleh masyarakat Indonesia. Sebagai dampak anime menjadi populer adalah banyak bermunculan event dan komunitas Jejepangan yang terdapat di Yogyakarta. Saat ini, anime sudah mulai jarang ditayangkan di televisi, namun anime tetap eksis dan populer di masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi anime menjadi budaya populer di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dijabarkan secara deskriptif dengan sumber data yang terdiri dari orang yang suka anime tergabung dalam komunitas Jejepangan dan orang yang suka anime tidak tergabung dalam komunitas Jejepangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan subyek adalah purposive sampling. Adapun validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi sumber, serta analisis data menggunakan analisis interaktif Milles dan Hubberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anime menjadi budaya populer berawal dari pengaruh media massa yang berperan penting dalam melakukan difusi, yang pada prosesnya membawa, mengenalkan dan menanamkan ideologi anime kepada masyarakat berupa image positif. Hal tersebut yang menjadikan anime menarik dan membuat penggemar merasa kagum, rasa kagum ini merupakan efek dari hegemoni anime, yang kemudian penggemar menganggap banyak hal positif yang dapat diambil dari mengkonsumsi anime. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi anime sebagai budaya populer antara lain: (1) pengaruh media massa, (2) mudahnya mendapatkan konten anime melalui website, (3) pengaruh teman, (4) anime merupakan hiburan yang murah, (5) banyaknya pilihan genre dalam anime, (6) karakter dalam anime, (7) fashion dalam anime, (8) alur cerita yang menarik dalam anime serta (9) setting tempat yang terdapat dalam anime sangat realistis. Kata Kunci: Anime, Budaya Populer, Komunitas

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 27 Oct 2016 00:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42882

Actions (login required)

View Item View Item