PERBEDAAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DENGAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEWON

Ariyandani, Rischa Putri (2016) PERBEDAAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DENGAN TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416241057.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tersedianya metode Inside-Outside Circle dan metode Take and Give yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa namun belum dimanfaatkan dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS dengan penerapan metode Inside-Outside Circle dan metode Take and Give pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest, Nonequivalent Multiple-group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon tahun ajaran 2015/2016, sedangkan sampelnya adalah 29 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dan 29 siswa sebagai kelas eksperimen 2. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Pengambilan data menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda. Validitas instrumen dihitung dengan Product Moment dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji-t (independent sample t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS dengan penerapan metode Inside-Outside Circle dan metode Take and Give pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sewon. Hasil uji-t (independent sample t-test) nilai Posttest hasil belajar IPS diperoleh nilai thitung > ttabel (1,903 > 1,672) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu Sig (2-tailed) 0,032 < 0,05. Dari hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS kelas eksperimen 1 dengan penerapan metode Inside-Outside Circle dan kelas eksperimen 2 dengan penerapan metode Take and Give. Penerapan metode Take and Give lebih tinggi pengaruhnya terhadap hasil belajar IPS dibandingkan dengan penerapan metode Inside-Outside Circle. Kata Kunci: Metode Inside-Outside Circle, Metode Take and Give, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Oct 2016 00:29
Last Modified: 30 Jan 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42871

Actions (login required)

View Item View Item