Problematika Pembelajaran IPS pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta

Rahmawati, Azet Nur (2016) Problematika Pembelajaran IPS pada Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. S1 thesis, FIS.

[img] Slideshow (Skripsi Digital)
Skripsi Full 12416244019.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran IPS pada siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta; (2) pelaksanaan pembelajaran IPS pada siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta; (3) problematika pembelajaran IPS pada siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta; (4) upaya untuk mengatasi problematika pembelajaran IPS pada siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII, guru IPS serta wakil kepala madrasah urusan kurikulum. Objek penelitian difokuskan pada pembelajaran IPS pada siswa tunanetra. Penyajian data hasil penelitian dipaparkan dalam bentuk deskriptif. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data diperoleh melalui pengamatan seksama, triangulasi dan membercheck. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran IPS pada siswa tunanetra mengacu pada kurikulum untuk siswa awas, yakni kurikulum 2006. Silabus, RPP dan perumusan komponen pembelajaran dimodifikasi sehingga menjadi seperangkat pembelajaran yang sesuai untuk siswa tunanetra. (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elobarasi, konfirmasi) dan kegiatan penutup. Langkah kegiatan pembelajarannya yaitu guru mendiktekan materi, kemudian siswa mencatat materi tersebut menggunakan riglet dan stilus. Setiap pembelajaran tersebut diselingi dengan tanya jawab dan diskusi. (3) Problematika pembelajaran IPS yang ada terkait dengan guru, siswa, materi, metode dan media. Problematika tersebut yaitu adanya kendala dalam menyesuaikan kurikulum siswa awas agar bisa diterapkan untuk siswa tunanetra; adanya kendala dalam menangani siswa yang mengalami ketunanetraan; ketunanetraan yang dialami siswa mengganggu siswa untuk mengikuti pembelajaran; metode pembelajaran yang hanya terbatas pada metode ceramah, diskusi dan tanya jawab; kurangnya media pembelajaran khusus untuk siswa tunanetra; tidak tersedianya buku IPS dalam bentuk braille. (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu guru lebih mendalami lagi mengenai pembelajaran IPS pada siswa tunanetra, guru membuat ringkasan untuk siswa, memberikan MP3 yang berisi materi, memberikan variasi dalam menerapkan metode serta berupaya dalam pengadaan media dan buku IPS braille; siswa berupaya untuk rajin mendengarkan penjelasan dari guru, rajin mencatat, belajar dengan teman maupun relawan. Kata kunci : problematika, pembelajaran IPS, siswa tunanetra

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Oct 2016 00:22
Last Modified: 30 Jan 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42868

Actions (login required)

View Item View Item