LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Desi Astuti, Desi Astuti (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dilaksanakan mulai tanggal 1 Juli 2014 sampai dengan 17 September 2014 bertempat di SMK N 1 Pengasih yang beralamat di Jl. Kawijo 11 Pengasih, Kulon Progo, DIY. Tujuan dari kegiatan PPL ini agar mahasiswa memiliki berbagai pengalaman di sekolah, seperti ketika mengikuti berbagai kegiatan yang ada di sekolah, mendidik siswa SMK sesuai bidang keahlian masing – masing mahasiswa dan cara mengatasi berbagai permasalahan yang ada di lapangan. Sebelum pelaksanaan PPL dimulai, mahasiswa terlebih dahulu mengikuti micro teaching untuk mengasah ketrampilan-ketrampilan yang berhubungan dengan persiapan menjadi seorang calon guru atau pendidik, pembekalan PPL, dan observasi untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan program kerja. Data tersebut meliputi kondisi sekolah berkaitan dengan sarana prasarana, kegiatan pembelajaran serta potensi yang ada di SMK N 1 Pengasih. Adapun kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa selama pelaksanaan PPL meliputi pembuatan RPP, menyiapkan materi ajar, media pembelajaran, praktik mengajar, dimana mahasiswa terjun secara langsung ke lapangan atau tatap muka langsung dengan siswa di dalam kelas untuk mengajar, dan sebagian adminitrasi mengajar. Dengan diterjunkannya mahasiswa di lingkungan masyarakat sekolah, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan atau kependidikan, sehingga mahasiswa dapat menggunakan pengalamannya sebagai bekal untuk membentuk keprofesionalannya. Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh mahasiswa dapat berjalan dengan baik karena bimbingan dari guru dan dosen pembimbing lapangan. Namun dalam pelaksanaannya terdapat beberapa hambatanantara lain : dalam pengelolaan penilaian, dan pengelolaan waktu. Dengan adanya kegiatan PPL, praktikan mendapat bekal, pengalaman dan gambaran yang nyata tentang kegiatan-kegiatan dalam dunia kependidikan. Adanya kerjasama, kerja keras, kedisiplinan, tenaga, dana dan waktu sangat mendukung terlaksananya program-program PPL dengan baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 26 Oct 2016 23:53
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42863

Actions (login required)

View Item View Item