LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK N 1 PENGASIH

ANALIZA RESTI KURNIAWATI, ANALIZA RESTI KURNIAWATI (2014) LAPORAN KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI SMK N 1 PENGASIH. Laporan ppl.

[img] Text
103.docx

Download (10kB)

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu wahana pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang profesional. Kegiatan ini bertujuan untuk (1) memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran dan manajerial di sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. (2) Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan sekolah atau lembaga, baik yang terkait atau dengan proses pembelajaran maupun kegiatan manajerial kelembagaan. (3) meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam kehidupan nyata di sekolah, atau lembaga pendidikan. (4) memacu pengembangan sekolah atau lembaga dengan cara menumbuhkan motivasi atas dasar kekuatan sendiri. (5) meningkatkan hubungan kemitraan antara UNY dengan pemerintah daerah, sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari tahap observasi sampai dengan pelaksanaan. Secara umum kegiatan ini mempunyai tujuan agar mahasiswa dapat mengembangkan serta meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah dengan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran maupun fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah. Kegiatan yang dilakukan dalam PPL adalah praktik mengajar pada program keahlian Busana Butik (kelas X Busana Butik 1 dan Kelas XII Busana Butik 1 ) Sebagai bekal untuk persiapan menghadapi dunia pendidikan di sekolah sebagai seorang tenaga pendidik. Pembelajaran yang dilakukan menggunakan metode Ceramah dan Diskusi dengan tambahan penggunaan media yang relevan dengan materi. Hasil kegiatan ini adalah terlaksananya program kerja PPL yang telah direncanakan. Kesimpulan dari kegiatan PPL ini adalah (1) PPL adalah suatu sarana bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta untuk dapat menerapkan langsung ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan program studi atau konsentrasi masing-masing. (2) PPL adalah sarana untuk menimba ilmu dan pengalaman yang tidak diperoleh di bangku kuliah. Dengan terjun ke lapangan maka kita akan berhadapan langsung kepada masalah yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di sekolah, baik itu mengenai manajemen pendidikan dan akan menuju proses pencarian jati diri mahasiswa yang melaksanakan PPL tersebut. (3) PPL akan menjadikan mahasiswa untuk dapat mendalami proses belajar mengajar secara langsung, menumbuhkan rasa tanggung jawab, dan profesionalisme yang tinggi sebagai calon pendidik dan pengajar. (4) PPL menjadikan mahasiswa lebih mengetahui kedudukan, fungsi, peran, tugas, dan tanggung jawab sekolah secara nyata. Semua itu mempunyai tujuan yang sama meskipun mempunyai bidang kerja atau gerk yang berbeda. Tujuan yang dimaksud adalah berhasilnya proses belajar mengajar yang ditentukan sebelumnya. (5) Keberhasilan proses belajar mengajar tergantung kepada unsur utama yaitu guru dan murid yang ditunjang dengan sarana dan prasarana pendukung.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 26 Oct 2016 23:48
Last Modified: 26 Oct 2016 23:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42862

Actions (login required)

View Item View Item