DYAH AYU SULISTIA NINGRUM, DYAH AYU SULISTIA NINGRUM (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMK NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
103.docx Download (10kB) |
Abstract
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bernilai 3 SKS yang harus ditempuh oleh setiap mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam hal ini, penyusun melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMK N 1 Pengasih yang terletak di Jalan Kawijo 11, Pengasih, Kulon Progo. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan sekolah lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik. Diharapkan, mahasiswa peserta PPL mampu meningkatkan kompetensinya sebagai calon pendidik yang profesional. Selain hal itu, mahasiswa PPL juga diharapkan mampu untuk memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan sebagai seorang pendidik. Pelaksanaan kegiatan PPL dimulai dari observasi hingga pelaksanaan PPL yang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu persiapan mengajar, pelaksanaan mengajar, dan evaluasi hasil mengajar. Pelaksanaan PPL dilaksanakan di kelas XI Akuntansi 1 dan 2 dengan mata pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa dan Dagang dalam Spreadsheet (APJD-S) yang masing-masing kelas berjumlah 32 anak dengan total jumlah mengajar sebanyak 13 kali di dua kelas tersebut termasuk pelaksanaan ujian akhir. Selain praktik mengajar, program kegiatan PPL juga meliputi penyusunan perangkat pembelajaran, program pendampingan kegiatan sekolah seperti pelaksanaan Home Visit, Piket UKS, BK dan Informasi serta pembuatan modul akuntansi perusahaan jasa dan dagang versi spreadsheet yang berisi langkahlangkah pembuatan jurnal umum, buku besar dan laporan keuangan dalam bentuk spreadsheet dengan menggunakan aplikasi Ms Excel. Secara umum kegiatan PPL berjalan dengan lancar tanpa hambatan yang berarti. Dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih dua setengah bulan di SMK N 1 Pengasih, mahasiswa PPL dapat mendapatkan berbagai manfaat antara lain seperti: penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di bidang Akuntansi yang diperoleh di bangku perkuliahan serta pemahaman baru mengenai tugas nyata pendidik di lapangan. Program kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik dan lancar berkat adanya bimbingan dan arahan dari guru pembimbing dan dosen pembimbing selama praktik mengajar serta peran aktif peserta didik selama berlangsungnya KBM. Selain itu terlaksananya program PPL ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan dari pihak sekolah yang telah memberikan keluasan kesempatan kepada para mahasiswa PPL untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Subjects: | LPPMP |
Divisions: | LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan |
Depositing User: | LPPMP |
Date Deposited: | 26 Oct 2016 23:27 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 11:59 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42857 |
Actions (login required)
View Item |