Wildarini, Rafika Febrianti (2016) PENGEMBANGAN LKS KOMIK IPA DENGAN PENDEKATAN AUTHENTIC INQUIRY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN PROBLEM SOLVING DAN SIKAP RESPEK TERHADAP FAKTA UNTUK SISWA SMP/MTS KELAS VIII. S1 thesis, FMIPA UNY.
|
Text
Rafika Febrianti.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan hasil pengembangan LKS Komik IPA dengan pendekatan authentic inquiry learning menurut dosen ahli dan guru IPA; (2) kemampuan problem solving;dan (3) sikap respek terhadap fakta kelas VIII SMP setelah menggunakan LKS Komik IPA dengan pendekatan authetentic inquiry learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap-tahap penelitian ini meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIID SMP Negeri 14 Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi LKS komik IPA dan angket respon siswa untuk menilai kelayakan LKS komik IPA; instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran authentic inquiry learning; instrumen pretes-posttest kemampuan problem solving, lembar observasi problem solving digunakan untuk mengetahui penumbuhan kemampuan problem solving dan lembar observasi sikap respek terhadap fakta, serta instrumen angket sikap respek terhadap fakta digunakan untuk mengetahui penumbuhan sikap respek terhadap fakta siswa. Data kelayakan LKS komik IPA dianalisis menggunakan konversi menjadi empat kategori; data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis menggunakan konversi persentase keterlaksanaan dengan 5 kategori; data pretes-posttest problem solving dianalisis menggunakan gain score; serta data hasil kemampuan problem solving, data observasi sikap respek terhadap fakta dan angket sikap respek terhadap fakta dianalisis menggunakan konversi persentase lima kategori. Hasil penelitian dari pengembangan LKS komik IPA adalah (1) kelayakan LKS komik IPA dengan pendekatan authentic inquiry learning termasuk dalam kategori sangat baik menurut dosen ahli dan guru IPA sehingga memenuhi kelayakan sebagai bahan ajar. Hal ini didukung berdasarkan hasil respon siswa yang berada pada kategori sangat baik, (2) LKS komik IPA dapat menumbuhkan keterampilan problem solving dibuktikan dengan hasil perhitungan dengan gain score diperoleh nilai 0,71 dengan kategori tinggi, didukung berdasarkan hasil observasi yang mengalami peningkatan dari kategori sangat rendah menjadi kategori sangat baik; (3) sikap respek terhadap fakta tumbuh dari kategori sedang menjadi kategori sangat baik didukung dengan angket yang mengalami kenaikan persentase sebesar 10,56 dari kategori sedang menjadi kategori sangat baik. Kata Kunci: LKS komik IPA, Authentic Inquiry Learning, Problem solving, Sikap respek terhadap fakta. ABSTRACT This study aims to determine: (1) the feasibility of the development of comic science worksheet with authentic inquiry learning approach by expert lecturers and science teachers; (2) improving problem solving skills; and (3) improving an attitude of respect for the fact after using comic science worksheet with authentic inquiry learning approach. This study is a research & development (R & D) with 4-D models. The stages of this study include the define phase (definition), design (design), develop (development), and disseminate (dissemination). The subjects for this study were VIIID grade students of SMP N 14 Yogyakarta. The research instruments used include validation sheet comic science worksheet and questionnaire responses of students to assess the feasibility of comic science worksheet; observation sheet for assess authentic inquiry learning; pretest and posttest problem solving instrument, and observational sheet for problem solving, respect attitude observasion sheet about fact that used to determine the increasing problem solving skills and respect attitude, and also questionnaires for student’s respect attitude. The feasibility data were analyzed using conversion in 4 categoriee, pretest and posttest using gain score, problem solving skills and student’s repect attitude were analyzed using conversion percentage of the five categories. The results of the development comic science worksheet are (1) the feasibility of comic science worksheet with authentic inquiry learning approach included in the excellent category according to expert lecturers and science teachers that eligibility as teaching materials. This is supported by the results of student responses are in the very good category, (2) comic science worksheet can foster problem solving skills evidenced by the results of calculations by the gain score obtained value of 0.71 with the high category, supported based on the observation from very low category became very good category; (3) an increasing in the attitude of respect based on the observation improves from low category become excellent category. Then based on the questionnaire percentage increase 0.56 from very low category became very good category. Key Word: Comic Science Worksheet, Authentic Inquiry Learning, Problem Solving, Respect Attitude about fact
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPA FMIPA |
Date Deposited: | 27 Oct 2016 03:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42846 |
Actions (login required)
View Item |