PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH SISTEM SARAF MANUSIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA.

Islamiyati, Ayu Dien (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH SISTEM SARAF MANUSIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
AYU DIEN ISLAMIYATI 12317244011.pdf

Download (673kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran flash sistem saraf manusia berbasis scientific approach dan mengetahui efektivitas media pembelajaran flash untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development. Pengembangan media pembelajaran menggunakan modifikasi dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli media, 2 ahli materi, 2 guru biologi dan siswa kelas XI IPA 3 SMA N 2 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan adalah angket penilaian kualitas media pembelajaran dan soal pretest dan posttest. Hasil penilaian kualitas produk dianalisis dengan statistika deskriptif dan menggunakan modus untuk mengkategorikan kualitas media pembelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran diukur menggunakan uji gain score. Hasil penelitian menunjukkan kualitas media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, dan guru biologi dikategorikan sangat baik, oleh ahli media dikategorikan baik sehingga media ini layak digunakan. Hasil perhitungan gain score ternormalisasi sebesar 0,71. Simpulan menunjukkan media pembelajaran sistem saraf manusia berbasis scientific approach ini layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan hasil gain score termasuk dalam kategori tinggi. Kata Kunci: flash, media pembelajaran, scientific approach, sistem saraf, pengembangan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42845

Actions (login required)

View Item View Item