PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI NUSAWUNGU 05 CILACAP

Habiby, Ma’shum (2016) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI NUSAWUNGU 05 CILACAP. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Ma'shum Habiby.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas III SD Negeri Nusawungu 05 Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi serta refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana siklus I dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Nusawungu 05 Cilacap yang berjumlah 11 siswa terdiri dari 7 siswa putri dan 4 siswa putra. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dapat ditingkatkan menggunakan metode eksperimen dengan langkah-langkah: menyiapkan ruang, memberikan materi yang akan dieksperimen, memperkenalkan alat dan bahan yang akan digunakan, melaksanakan eksperimen yang dimulai dengan menjelaskan secara singkat teori, dalil, rumus, mekanisme kerja, proses yang akan dibuktikan melalui eksperimen, mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan menunjukkan hasil temuan eksperimen dan membuat kesimpulan. Peningkatan tersebut dapat ditunjukkan dari hasil prestasi belajar pra tindakan sebesar 53,63 menjadi 68,72 pada siklus I dan kemudian meningkat menjadi 79,63 pada siklus II. Kata kunci: prestasi belajar, metode eksperimen, siswa kelas III.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Oct 2016 07:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42842

Actions (login required)

View Item View Item