PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SE GUGUS 4 KECAMATAN LOANO

Sakti, Irawan (2016) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS V SE GUGUS 4 KECAMATAN LOANO. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Irawan Sakti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa kelas V SD se-Gugus 4 Kecamatan Loano, Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex postfacto. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD se-gugus 4 Kecamatan Loano yang berjumlah 131 peserta didik. Sampel terdiri dari 99 peserta didik yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi untuk mengumpulkan data konsep diri dan kemandirian siswa. Validitas instrumen dilakukan validitas isi dan menghitung dengan daya diskriminasi aitem. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi. Uji hipotesis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 8,230 dan nilai ttabel sebesar 1,660 dengan taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, thitung > ttabel, maka konsep diri mempunyai pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar. Nilai thitung tersebut bernilai positif berarti pengaruhnya positif, sehingga jika konsep dirinya semakin tinggi maka kemandirian belajarnya akan tinggi. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,411, yang artinya persentase sumbangan konsep diri terhadap kemandirian sebesar 41,1%. Dengan demikian, kemandirian belajar dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh konsep diri sebesar 41,1%. Kata kunci:konsep diri, kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:55
Last Modified: 30 Jan 2019 11:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42834

Actions (login required)

View Item View Item