TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN MINGGIR TENTANG PENANGANAN DINI CEDERA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE RICE

Robin P, Fajar (2016) TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN MINGGIR TENTANG PENANGANAN DINI CEDERA DALAM PEMBELAJARAN DENGAN METODE RICE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_fajar robin pinanditto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak semua guru mampu menangani cidera dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani sekolah dasar se-kecamatanMinggir tentang penanganan dini cedera dalam pembelajaran dengan metode RICE. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei, dengan instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani sekolah dasar se-kecamatanMinggir sebanyak 26 orang. Untuk menganalisis data digunakan statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian bahwa tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani sekolah dasar se-kecamatan Minggir tentang penanganan dini cedera dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan metode RICE termasuk dalam kategori baik sekali sebesar 15,54 %, pada kategori baik sebesar 15,54 %, pada kategori cukup sebesar 38,46 %, kategori kurang sebesar 30,77 % dan kategori kurang sekali sebesar 3,84 %. Dengan demikian dapat disimpulkan ingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani sekolah dasar se-kecamatan Minggir tentang penanganan dini cedera dalam pembelajaran dengan metode RICE adalah Cukup.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Penanganan Cedera, Metode RICE
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42828

Actions (login required)

View Item View Item