PERILAKU HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS ATAS DI SDN GUGUS GARUDA

Ahmad Jadin, (2012) PERILAKU HIDUP SEHAT PADA SISWA KELAS ATAS DI SDN GUGUS GARUDA. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 81.doc

Download (37kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku hidup sehat pada siswa kelas atas di Gugus Garuda, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode penelitian adalah survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas atas di SDN Gugus Garuda, yang berjumlah 4 Sekolah Dasar Negeri. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik probability sampling, yakni memberikan peluang yang sama bagi semua anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Total sampel yang diambil sebanyak 395 orang siswa Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi yang disusun dalam bentuk angket. Hasil uji reliabilitas diperoleh nilai Cronbach Alpha sebesar 0,902 > 0,7. Dengan demikian variabel penelitian dinyatakan reliabel dan dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa perilaku hidup sehat siswa kelas atas di Sekolah Dasar Negeri Gugus Garuda Kecamatan Tempuran terdiri dari perilaku makan dan minum, perilaku membersihkan diri, kebersihan pribadi, perilaku kebersihan lingkungan dan perilaku sehat dan keseimbangan kegiatan, secara keseluruhan adalah: sangat rendah 29 siswa (7.3%), rendah 102 siswa (25.8%), sedang 149 siswa (37.1%), tinggi 95 siswa (24.1%) dan sangat tinggi 20 siswa (5.1%). Kata Kunci : perilaku, hidup, sehat, siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:33
Last Modified: 20 Mar 2015 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item