PENERIMAAN DIRI MAHASISWA TUNANETRA TOTAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FIP UNY)

Wildan Isnaini Yahya, Wildan (2016) PENERIMAAN DIRI MAHASISWA TUNANETRA TOTAL (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FIP UNY). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi_Wildan Isnaini Yahya_12104244007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kehidupan individu yang dulu dapat melihat secara normal kemudian menjadi tunanetra total membutuhkan penerimaan diri agar dapat menerima kondisi sekarang. Terlebih jika hal tersebut terjadi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerimaan diri mahasiswa tunanetra total yang sebelumnya dapat melihat secara normal di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang. Penelitian dilakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, tempat tinggal, dan tempat subjek beraktivitas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan penerimaan diri ketiga subjek mahasiswa tunanetra total yang meliputi tujuh indikator, yaitu: (1) positif terhadap diri, (2) mengakui dan menerima kekurangan dan kelebihan diri sendiri, (3) positif dengan kehidupan masa lalu, (4) puas dengan diri sendiri, (5) menerima persepsi orang lain atau penilaian orang lain, (6) keterbukaan diri, (7) melihat diri secara realistis di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta sudah dikatakan baik meski salah satu subjek sesekali kecewa dan tidak terima dengan pengalaman masa lalu. Kata kunci: penerimaan diri, mahasiswa tunanetra total

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42815

Actions (login required)

View Item View Item