PENGARUH PERINGKAT OBLIGASI , MATURITY, LIKUIDITAS DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP YIELD TO MATURITY OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Septiyanto, Tonny (2016) PENGARUH PERINGKAT OBLIGASI , MATURITY, LIKUIDITAS DAN SUKU BUNGA SBI TERHADAP YIELD TO MATURITY OBLIGASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TonnySeptiyanto_12808144019.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh peringkat obligasi terhadap yield to maturity obligasi, (2) Pengaruh maturity terhadap yield to maturity obligasi, (3) Pengaruh likuiditas terhadap yield to maturity obligasi, (4) Pengaruh suku bunga SBI terhadap yield to maturity obligasi. Periode penelitian yang digunakan adalah tahun 2013-2014. Desain penelitian ini termasuk penelitian asosiatif kausal. Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang dipublikasikan oleh Bursa Efek Indonesia periode 2013-2014. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang mengeluarkan obligasi dan terdaftar di BEI tahun 2013-2014. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, terdapat 34 jenis obligasi yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan metode analisis data analisis kuantitatif yang meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa : (1) Peringkat Obligasi berpengaruh negatif terhadap yield to maturity obligasi . Hasil ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar -0,295 dan nilai signifikansi sebesar 0,02, lebih kecil dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 5%. (2) Maturity berpengaruh positif terhadap yield to maturity obligasi. Hasil ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,350 dan nilai signifikansi sebesar 0,039, lebih kecil dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 5% (3) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap yield to maturity obligasi. Hasil ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,480 dan nilai signifikansi sebesar 0,388, lebih besar dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 5% (4) Suku Bunga SBI tidak berpengaruh terhadap yield to maturity obligasi. Hasil ini ditunjukkan dengan koefisien regresi sebesar 0,931 dan nilai signifikansi sebesar 0,261, lebih besar dari tingkat signifikansi yang diharapkan sebesar 5% (5) Peringkat obligasi, maturity, likuiditas, dan suku bunga SBI secara simultan berpengaruh terhadap yield o maturity obligasi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel yield to maturity yang dapat dijelaskan oleh peringkat obligasi, maturity, likuiditas dan suku bunga SBI sebesar 19,4% sedangkan sisanya sebesar 80,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam model.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Peringkat Obligasi, Maturity, Likuiditas, Suku Bunga SBI dan Yield to Maturity
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 26 Oct 2016 06:57
Last Modified: 30 Jan 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42811

Actions (login required)

View Item View Item