TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TENTANG KONSEP KESELAMATAN PEMBELAJARAN PENJAS DI GUGUS I DAN II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2015/2016

Saputri, Fiqih Puspita Jasman (2016) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TENTANG KONSEP KESELAMATAN PEMBELAJARAN PENJAS DI GUGUS I DAN II KECAMATAN PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2015/2016. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
BAB I-V fiks.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah ditemukan ada beberapa pembelajaran yang tidak sesuai dengan konsep keselamatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai seberapa tinggi tingkat pemahaman guru pendidikan jasmani tentang pendidikan keselamatan dalam pembelajaran jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, Subjek penelitian yang digunakan adalah seluruh guru pendidikan jasmani yang berada di gugus I dan II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon progo yang berjumlah 16 orang. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan uji validitas dengan korelasi setiap faktor menggunakan bantuan program SPSS 16.0 dengan teknik korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Koefisien validitas 0,947 dan koefisien realibilitas sebanyak 0,970 jadi istrumen yang digunakan valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian dan pembahasan diperoleh tingkat pemahaman guru PJOK tentang konsep keselamatan pembelajaran Penjas di Gugus 1 dan II Kecamatan Pengasih Kabupaten Kulon Progo tahun 2015/2016 yang masuk pada kategori sangat tinggi sebesar 6,25 % (1 orang), pada kategori tinggi sebesar 18,75 % (3 orang), pada kategori cukup sebesar 43,75 % (7 orang), kategori kurang sebesar 31,25 % (5 orang) dan kategori sangat kurang sebesar 0 % (0 orang).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pemahaman, guru PJOK, konsep keselamatan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Oct 2016 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42809

Actions (login required)

View Item View Item