STRATEGI COPING KORBAN BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA

Muhammad Iqbal Tri Utomo, Muhammad (2016) STRATEGI COPING KORBAN BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pentingnya strategi coping bagi korban bullying yaitu dapat membantu dalam mentoleransi dan menerima situasi menekan yang tidak dapat dikuasainya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi coping yang digunakan korban bullying verbal pada siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Penelitian menggunakan metode studi kasus. Setting penelitian di SMA Negeri 11 Yogyakarta. Subjek adalah dua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Yogyakarta, berusia 15-18 tahun, pernah menerima tindakan bullying, lebih sering menerima tindakan bullying verbal, dan bersedia menjadi subyek penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur dan observasi. Teknik analisis data menggunakan konsep Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi coping yang dipilih oleh subjek AR adalah kontrol diri dan penerimaan. Subjek AR lebih cenderung menerima dan tidak menyalahkan keadaan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penolakan dan tindakan bully terulang kembali; dan (2) Strategi coping yang dipilih oleh subjek FD adalah keaktifan diri, dan religiusitas. Subjek FD lebih cenderung membaur dan bergaul dengan baik terhadap pelaku bullying. Sikap membaur dan bergaul dengan baik ini merupakan salah satu bentuk pertahanan diri supaya FD tidak diintimidasi dan diperlakukan kurang baik oleh temannya. Kata kunci: strategi coping, korban bullying verbal

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 26 Oct 2016 02:48
Last Modified: 30 Jan 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42807

Actions (login required)

View Item View Item