IMPLEMENTASI METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 2 SD CATURTUNGGAL 6 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Litri, Hertika Janiar (2016) IMPLEMENTASI METODE READING ALOUD DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 2 SD CATURTUNGGAL 6 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Hertika janiar Litri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode reading aloud pada siswa kelas 2 SD Negeri Caturtunggal 6. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kelas dan siswa di kelas 2 SD Negeri Caturtunggal 6. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah 1) wawancara, 2) observasi, 3) catatan lapangan, dan 4) dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui proses member chek. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode reading aloud sudah sesuai dengan kemampuan yang ada. Guru sudah memberikan contoh cara membaca dan siswa sudah menirukan. Guru juga sudah menggunakan media untuk mendukung dalam kegiatan pembelajaran. Tidak ada lagi siswa yang membaca secara terbata-bata. Kata kunci: membaca permulaan, metode reading aloud, SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42806

Actions (login required)

View Item View Item