EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI ANALISIS HUKUM-HUKUM KELISTRIKAN DAN TEORI KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 WONOSARI

Wahyu, Imam Ma’rifat (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI ANALISIS HUKUM-HUKUM KELISTRIKAN DAN TEORI KELISTRIKAN DI SMK NEGERI 3 WONOSARI. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Wahyu Imam Ma'rifat 10501241028.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui: (1) gambaran pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan media pembelajaran interakif untuk meningkatkan kompetensi siswa, (2) perbedaan hasil kompetensi ditinjau dari aspek kognitif siswa, (3) efektitivitas pembelajaran berbasis masalah menggunakan media pembelajaran media interaktif untuk meningkatkan kompetensi siswa pada mata diklat Teknik Listrik di SMK N 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian kuasi tipe Randomized Control-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilakukan pada kelas X program keahlian Elektronika Industri di SMK N 3 Wonosari. Subjek penelitian berjumlah 62 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) sebagian siswa (71,88%) termasuk dalam kategori tinggi dan sebagian kecil (28,12%) termasuk dalam kategori sedang pada kompetensi hasil belajar dengan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media pembelajaran media pembelajaran interakif pada aspek kognitif; (2) terdapat perbedaan kompetensi antara kelompok yang diberikan perlakuan pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajara interaktif dengan kelompok yang diberikan model dan media pembelajaran konvensional ditinjau dari aspek kognitif dengan nilai t hitung > ttabel yaitu sebesar (2,742>2,000) dan nilai signifikansi 0,008; (3) terdapat efektivitas penggunaan pembelajaran berbasis masalah menggunakan media pembelajaran media interaktif dengan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar (18,012>2,042), signifikansi 0,000 dan standar gain 0,694. Kata kunci : pembelajaran berbasis masalah, media pembelajaran interaktif, eksperimen kuasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 26 Oct 2016 01:56
Last Modified: 30 Jan 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42799

Actions (login required)

View Item View Item