UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA GULING PERUT (STRADDLE) MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PIRIKAN KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG

TUKIRAH (2012) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI GAYA GULING PERUT (STRADDLE) MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PIRIKAN KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 77.doc

Download (136kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tingkat penguasaan keterampilan teknik dasar dalam melakukan lompat tinggi gaya guling perut (straddle) yang dititikberatkan pada teknik awalan, tolakan, melayang di udara, dan mendarat dengan menerapkan model pembelajaran bermain pada siswa kelas IV SD Negeri Pirikan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pirikan yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes unjuk kerja, pada akhir siklus tindakan dilakukan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan terhadap penguasaan keterampilan teknik dasar siswa dari kondisi awal pada tahap pra tindakan dengan rata-rata hasil perhitungan tes 65,42, setelah dilakukan tindakan pada siklus I hasil rata-rata naik menjadi 72,98 dan seteleh dilakukan tindakan pada siklus II hasil rata-rata naik menjadi 77,25. Dari rata-rata tersebut dapat diketahui terjadi peningkatan hasil belajar Penjasorkes sebesar 28,09% dari tahap pra tindakan ke siklus I dan terjadi peningkatan sebesar 13,43% dari siklus I ke siklus II. Motivasi rata-rata siswa pada pembelajaran Penjasorkes mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 34,58% menjadi 77,5% pada siklus I, dan menjadi 88,75% pada siklus II. Pada siklus II rata-rata motivasi siswa sudah meningkat dan sudah mencapai target yang diharapkan yaitu 80% bahkan mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan penerapan pendekatan pembelajaran model bermain dapat meningkatkan penguasaan keterampilan teknik-teknik dasar siswa dalam lompat tinggi gaya guling perut (straddle) pada mata pelajaran Penjasorkes siswa kelas IV SD Negeri Pirikan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang. Kata kunci: upaya peningkatan, pendekatan bermain, motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 15:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4279

Actions (login required)

View Item View Item