PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANGAN II

Sumiyati, Dwi (2016) PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES IPA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANGAN II. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dwi Sumiyati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas IV di SD Negeri Balangan II. Dan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar pada siswa kelas IV di SD Negeri Balangan II. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Balangan II yang berjumlah 16 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan proses IPA dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses IPA dan hasil belajar IPA hal ini dibuktikan dengan perbandingan persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus sebesar 35,93% dengan kriteria sangat kurang, meningkat pada Siklus 1 sebesar 59,58% dengan kriteria kurang. Pada pelaksanaan Siklus 2 persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 89,84% dengan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar IPA dibuktikan dengan perbandingan persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus, Siklus 1, dan Siklus 2. Persentase ketuntasan siswa pada Prasiklus sebesar 40% dengan kriteria sangat kurang, meningkat pada Siklus 1 sebesar 60% dengan kriteria cukup. Pada pelaksanaan Siklus 2 persentase ketuntasan siswa meningkat sebesar 80% dengan kriteria baik. Kata kunci: keterampilan proses IPA, Hasil belajar IPA, siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Oct 2016 08:51
Last Modified: 30 Jan 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42777

Actions (login required)

View Item View Item