Pengelolaan Kurikulum yang Mengimplementasikan Karakter Peserta Didik di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah.

Trisunarta, Theodhulus (2016) Pengelolaan Kurikulum yang Mengimplementasikan Karakter Peserta Didik di SMA Taruna Nusantara Magelang, Jawa Tengah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-theodhulus-trisunarta-13703254006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengelolaan kurikulum SMA Taruna Nusantara Magelang, dan (2) pengelolaan kurikulum yang mengimplementasikan karakter peserta didik di SMA Taruna Nusantara Magelang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah staf penjamin mutu, wakil kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SMA Taruna Nusantara Magelang. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap subjek penelitian. Untuk meningkatkan akurasi data, peneliti menggunakan metode triangulasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Pengelolaan kurikulum yang mengimplementasikan pendidikan karakter dikembangkan berdasarkanan analisis masalah yang dihadapi dan analisis kebutuhan yang ada. (2) Pengembangan kurikulum yang mengimplementasikan pendidikan karakter mengacu pada ruang lingkup manajemen kurikulum, yaitu konstruksi kurikulum, pengembangan kurikulum dan implementasi kurikulum. Konstruksi kurikulum meliputi: penyiapan dan penyusunan kurikulum, pengembangan kurikulum dan pemberlakuan kurikulum. (3) Implementasi pengembangan karakater terintegrasi melalui proses pembelajaran dan kegiatan pengembangan diri yang berupa kegiatan terjadwal, kegiatan terprogram, kegiatan terproyek dan kegiatan kreatif mandiri. Karakter terbentuk melalui proses penanaman nilai-nilai dan sikap dengan refleksi yang mendalam, dan karakter melandasi pemikiran sikap dan perilaku untuk membuat rentetan keputusan moral yang harus ditindaklanjuti dengan aksi nyata. Pengembangan karakter dilakukan secara terus menerus oleh semua sumber daya manusia yang ada di sekolah maupun kerjasama dengan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kurikulum, karakter peserta didik, SMA Taruna Nusantara.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2016 08:17
Last Modified: 20 Dec 2022 02:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42774

Actions (login required)

View Item View Item