PROSES SOSIALISASI SISWA YANG DITOLAK (REJECTED CHILDREN) PADA KELAS IV SD NEGERI 5 WATES

Laksono, Dedi (2016) PROSES SOSIALISASI SISWA YANG DITOLAK (REJECTED CHILDREN) PADA KELAS IV SD NEGERI 5 WATES. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
Dedi Laksono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Proses sosialisasi merupakan bagian dari perkembangan sosial anak. Proses sosialisasi terdiri dari tiga proses yaitu belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial, memerankan peran sosial yang diterima dan perkembangan sikap sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses sosialisasi siswa yang ditolak (rejected children) pada kelas IV SD Negeri 5 Wates. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini dua orang siswi berusia 10 tahun dan seorang siswa berusia 11 tahun yang berdasarkan hasil sosiometri dan wawancara siswa tersebut ditolak oleh teman sebaya di kelas IV SD Negeri 5 Wates. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwaproses sosialisasi siswa yang ditolak(rejected children)berbeda dengan siswa pada umumnya. Pada proses belajar berperilaku yang dapat diterima secara sosial, siswa yang ditolakmenunjukan perilaku mengganggu teman, tidak ramah, berperilaku sederhana, tidak dapat menjaga kebersihan diri, melanggar aturan, tidak jujur, sopan dan tidak dapat menahan amarah. Pada proses memerankan peran sosial yang dapat diterima, siswa yang ditolak menunjukan perilaku menjalankan tugas piket dengan tertib, tidak berpartisipasi secara aktif dalam mengerjakan tugas kelompok, mengikuti pelajaran dengan tertib, menaati perintah guru, membantu orang tua di rumah dan menaati perintah orang tua. Pada proses perkembangan sikap sosial, siswa yang ditolak menunjukan perilaku membantu teman yang membutuhkan dan dapat menerima perbedaan pendapat dengan teman. Kata kunci: Proses Sosialisasi, Siswa yang Ditolak (Rejected Children)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 25 Oct 2016 08:24
Last Modified: 30 Jan 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42771

Actions (login required)

View Item View Item