PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE PADA SISWA KELAS X-MIPA 1 SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG

Dwiari Puja Watara, Puja (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-TALK-WRITE PADA SISWA KELAS X-MIPA 1 SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BURNING OKK 1.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis teks eksposisi di SMA yang mengimplementasikan kurikulum 2013 masih memiliki banyak kendala diantaranya adalah; masih sulitnya siswa dalam mencari ide untuk dikembangkan menjadi tulisan yang utuh, kurangnya pengetahuan siswa tentang teks eksposisi, minimnya penguasaan kosakata siswa, dan kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Hal tersebut terjadi karena guru masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Penggunaan strategi pembelajaran yang memperhatikan keaktifan siswa akan meningkatkan kualitas dan menambah pengalaman siswa dalam penyampaian informasi kepada orang lain dengan baik secara tertulis. Berdasarkan latar belakang tersebut, masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan strategi Think-Talk-Write dalam meningkatkan proses pembelajaran keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung, dan (2) bagaimana penggunaan strategi Think-Talk-Write dapat meningkatkan hasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X- MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung dengan strategi Think-Talk-Write, dan (2) untuk meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung dengan strategi Think-Talk- Write. Penelitian ini berjenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung. Pengambilan data penelitian menggunakan prosedur perencanaan,tindakan,pengamatan, dan refleksi. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa keterampilan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X- MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi Think-Talk-Write. Hasil tes menulis teks eksposisi pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 79,25 dan pada siklus II menunjukkan nilai rata-rata 83,22. Dari hasil tersebut dapat diketahui peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks eksposisi dari siklus I ke siklus II sebesar 3,97 poin atau 12,03%. Selain peningkatan keterampilan, perilaku siswa kelas X-MIPA 1 SMA Negeri 1 Temanggung juga mengalami perubahan ke arah yang lebih positif setelah dilakukan pembelajaran menulis teks eksposisi dengan strategi Think-Talk-Write.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:26
Last Modified: 30 Jan 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42765

Actions (login required)

View Item View Item