PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS ULASAN FILM/DRAMA DI SMA NEGERI 1 WONOSARI

Andwi Sulistyo, Sulistyo (2016) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS ULASAN FILM/DRAMA DI SMA NEGERI 1 WONOSARI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Andwi Sulistiyo.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran teks ulasan film/drama di SMA Negeri 1 Wonosari. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran teks ulasan film/drama ditinjau dari tiga komponen utama dalam pembelajaran, yaitu materi, metode, dan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari, sedangkan objek penelitian ini adalah pembelajaran teks ulasan film/drama kelas XI SMA Negeri 1 Wonosari. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan berpartisipasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis model interaktif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat ditarik tiga simpulan. Pertama, perencanaan pembelajaran teks ulasan film/drama dilakukan oleh guru dengan menyusun menyusun empat RPP untuk dilaksanakan dalam sembilan pertemuan. RPP yang telah dibuat oleh guru sudah cukup lengkap. Kedua, pelaksanaan pembelajaran teks ulasan film/drama tidak sesuai dengan perencanaan. Pembelajaran direncanakan dalam sembilan kali pertemuan. Dalam pelaksanaannya, pembelajaran dilaksanakan enam kali pertemuan.. Materi yang diajarkan oleh guru adalah struktur dan kaidah kebahasaan, interpretasi, perbandingan, penyusunan, analisis, evaluasi, dan penyuntingan teks ulasan film/drama. Sumber materi yang digunakan oleh guru adalah buku siswa. Metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan. Sebagian metode yang digunakan dalam pembelajaran telah sesuai dengan RPP yang disusun. Media yang digunakan oleh guru adalah rekaman film, contoh teks ulasan film, power point, dan cerita-cerita legenda dari internet dan buku-buku di perpustakaan. Media yang digunakan guru sesuai dengan materi yang diajarkan. Ketiga, penilaian pembelajaran teks ulasan film/drama dilakukan pada tiga aspek, yaitu sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penilaian sikap dilakukan saat pembelajaran melalui pengamatan. Penilaian keterampilan dilakukan saat pembelajaran. Penilaian keterampilan dilakukan melalui tugas individu dan tugas kelompok. Guru melakukan penilaian pembelajaran tidak berdasarkan RPP yang telah disusun. Guru belum sepenuhnya melaksanakan penilaian pembelajaran berdasarkan Permendikbud No. 53 Tahun 2015.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:07
Last Modified: 30 Jan 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42764

Actions (login required)

View Item View Item