Pengaruh Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis.

Ismoyo, Helmiyanto (2016) Pengaruh Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Dan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Listrik Dinamis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-helmiyanto-ismoyo-14726251001.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan model PBL dengan menggunakan metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik, dan (2) perbedaan pengaruh penerapan model PBL dengan metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Banguntapan. Kelas eksperimen sebanyak 31 peserta didik dan kelas kontrol sebanyak 32 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar peserta didik (pilihan ganda), tes kemampuan berpikir kritis peserta didik (essay), dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Validasi yang digunakan adalah validasi empiris dan validasi konten. Hasil dari validasi menunjukan bahwa instrumen bersifat valid dan reliabel. Teknik analisis data yang diambil adalah dengan menghitung gain yang ternormalisasi dan teknik uji hipotesis yang digunakan adalah uji MANOVA dengan nilai signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukan nilai gain hasil belajar peserta didik kelas eksperimen sebesar 0,63 dan kelas kontrol sebesar 0,32. Rata-rata gain kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,49 dan kelas kontrol sebesar 0,34. Hasil dari perhitungan MANOVA didapatkan nilai 0,000 dengan demikian kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas demonstrasi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, hasil belajar, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2016 07:06
Last Modified: 09 May 2019 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42762

Actions (login required)

View Item View Item