LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

Dian Nurliyanto, Dian Nurliyanto (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dian Nurliyanto (11403244073).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah praktik sebesar 3 sks dan bersifat wajib dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk melatih dan memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa kependidikan dibidang pembelajaran sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat dari bangku perkuliahan melalui suatu proses pembelajaran sesuai dengan bidang studinya, serta memantapkan kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Kegiatan PPL diawali dengan dilakukan observasi kelas pada bulan Maret 2014 untuk mengetahui situasi dan kondisi kelas pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, mengetahui karakteristik siswa dan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penerjunan kegiatan PPL dilaksanakan tanggal 2 Juli dan diakhiri dengan penarikan pada tanggal 20 September 2014 bertempat di SMK Negeri 4 Klaten. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan PPL antara lain persiapan administrasi mengajar yaitu silabus, membuat rencana pelaksanaan pembelajaran, menyiapkan materi ajar, melaksanakan praktik mengajar di kelas, membuat evaluasi pembelajaran, dan pembuatan laporan sebagai kegiatan akhir dalam rangkaian kegiatan PPL. Mata pelajaran yang diampu oleh penyusun adalah Kompetensi Kejuruan Akuntansi Dagang dan Pengantar Akuntansi dan Keuangan, dan materi yang diajarkan adalah menjelaskan ruang lingkup operasi perusahaan dagang, menjelaskan hak kepemilikan barang dan insentif pelunasan, menjelaskan ketentuan bisnis yang terkait retur dan keringanan harga serta menghitung potongan penjualan, menjelaskan sistem prepetual dan periodik, menjelaskan metode penjualan kos, menjelaskan pengertian, jenis dan fungsi uang, menjelaskan fungsi keuangan dalam perusahaan, menjelaskan jabatan akuntansi da;am perusahaan untuk kelas XI AK 1, XI AK 2, dan XI AK 3. Frekuensi tatap muka di tiap kelas dalam satu minggu adalah 4 jam dan 2 jam pelajaran, sehingga dalam satu minggu ada 16 jam tatap muka. Hasil dari pelaksanaan PPL ini adalah terlaksananya kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang direncanakan di awal pembelajaran. Meskipun terdapat hambatan dalam proses pembelajaran seperti tidak berfungsinya LCD yang ada di ruang teori, dan siswa belum siap pada saat pembelajaran sudah dimulai namun masalah tersebut dapat diatasi dengan memberikan handout kepada peserta didik dan memotivasi siswa untuk dapat memulai pembelajaran. Dalam kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten penyusun dapat memperoleh pengalaman nyata dalam proses belajar mengajar dan belajar mengatasi hambatan yang muncul selama proses pembelajaran, pengalaman dalam menghadapi peserta didik dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain, belajar untuk membuat persiapan mengajar, dan belajar menjadi guru yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 25 Oct 2016 06:34
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42759

Actions (login required)

View Item View Item