ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 2 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Pranania Safira, Pranania (2016) ANALISIS BUTIR SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 2 MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Pranania Safira_11201241032.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas soal pilihan ganda pada Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2015/2016 berdasarkan aspek reliabilitas, tingkat kesulitan, daya pembeda dan efektivitas pengecoh. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain evaluasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Magelang. Subjek penelitian ini meliputi seluruh populasi, yakni seluruh butir soal pilihan ganda pada Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2015/2016. Data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan program Item and Test Analysis (ITEMAN) microCAT versi 3.00. Penelitian ini menghasilkan lima simpulan. Pertama, kualitas butir soal berdasarkan aspek reliabilitas, yaitu hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien reliabilitas soal UAS kurang dari 0,60, sehingga soal UAS untuk kelas 7, 8, dan 9 dapat dinyatakan tidak baik berdasarkan aspek reliabilitas. Kedua, kualitas butir soal berdasarkan aspek tingkat kesukaran, yaitu hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kesukaran berada pada kategori mudah yaitu memenuhi nilai 0,71-1,00, sehingga soal UAS kelas 7, 8, dan 9 dinyatakan belum memenuhi proporsi soal yang baik berdasarkan aspek tingkat kesukaran. Ketiga, hasil analisis menunjukkan bahwa daya pembeda berada pada kategori cukup yaitu memenuhi nilai 0,20-0,39, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa soal UAS kelas 7, 8, dan 9 belum dapat membedakan siswa dengan kemampuan tinggi dan rendah. Keempat, kualitas butir soal berdasarkan aspek efektivitas pengecoh dapat diketahui bahwa pengecoh pada butir soal UAS kelas7, 8, dan 9 tidak berfungsi dengan baik. Kelima, analisis soal UAS berdasarkan aspek tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh, tindakan yang dapat dilaksanakan adalah (a) soal UAS Bahasa Indonesia kelas 7 memperlukan revisi pada 34 butir soal dan 6 butir soal dinyatakan dapat diterima; (b) soal UAS Bahasa Indonesia kelas 8 memperlukan revisi pada 34 butir soal dan 6 butir soal dinyatakan dapat diterima; dan (c) soal UAS Bahasa Indonesia kelas 9 memperlukan revisi pada 36 butir soal dan 4 butir soal dinyatakan dapat diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 26 Oct 2016 04:08
Last Modified: 30 Jan 2019 11:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42756

Actions (login required)

View Item View Item